Friday, September 9, 2011

Kamu Bad Mood? Coba Makanan Ini!

Satu cara paling cepat sekaligus lezat untuk menghilangkan bad mood adalah dengan makanan. Tidak hanya cokelat dan es krim yang terkenal sebagai makanan pengusir bad mood, tetapi ada makanan 'ajaib' lainnya yang bisa membuat Anda merasa lega.

Ini dia makanan yang bisa memanjakan perut sekaligus mengatasi bad mood yang mendadak menyerang:

1. Sereal
Selain praktis dan lezat, alasan lain untuk mengonsumsi sereal adalah bisa mengembalikan mood Anda ke arah yang positif. Semangkuk sedang sereal yang ditambah susu cair (hewani atau kedelai) bisa menjadi pemasok vitamin B yang bisa menurunkan tekanan darah, menghilangkan bad mood, kemarahan dan depresi. Sereal kaya akan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12, folate, biotin dan lain sebagainya. Vitamin B kompleks ini yang bisa membantu mengembalikan mood Anda.

Tetapi ingat untuk menikmatinya sesuai porsi, dan hindari sereal dengan kadar gula yang terlalu banyak. Sereal yang disarankan adalah sereal yang terbuat dari whole grain.

2. Nasi Biryani (dengan Saffron)
Senang menikmati kelezatan nasi biryani (beberapa menyebut briyani) yang kaya akan rempah-rempah? Jika iya, Anda bisa menikmati sajian ala Timur Tengah tersebut sebagai makanan pengusir bad mood. Tidak sembarang nasi biryani yang bisa Anda makan, nasi biryani yang bisa mengusir bad mood adalah nasi biryani yang dibuat dengan tambahan saffron. Saffron adalah rempah-rempah yang diambil dari putik bunga crocus dan dapat memberi warna kuning keemasan alami pada makanan.

Saffron inilah yang bisa meredakan bad mood bahkan gejala depresi tanpa efek samping. Karena bahan makanan ini jarang dijumpai di Indonesia, pastikan Anda bertanya pada koki pembuat nasi biryani apakah mereka membubuhkan saffron atau tidak.

3. Hidangan dari ikan
Beberapa penelitian seperti dilansir Real Age menyebutkan bahwa orang-orang yang hanya memiliki sedikit kandungan EPA dan DHA (dua jenis fatty acid yang banyak terkandung dalam ikan) pada darahnya akan lebih mudah mengalami gejala yang mengarah pada depresi. Karena itu, mengonsumsi ikan seperti salmon, mackerel, dan ikan laut lainnya sangat dianjurkan apabila Anda sedang mengalami bad mood.

Perhatikan ikan yang akan Anda konsumsi, menikmati sepiring salmon panggang sebagai sajian makan malam dengan bumbu-bumbu ringan akan lebih daripada gulai ikan. Source

No comments:

Post a Comment